Apakah Anda membutuhkan bibit porang? Kami menjual bibit porang, baik bibit dari umbi porang, dari katak porang ataupun dari bunga porang. Untuk Anda yang ingin budidaya tanaman porang, Anda bisa dapatkan di tempat Kami. Berlokasi di Yogyakarta, Kami melayani penjualan bibit tanaman porang ke seluruh wilayah Indonesia. Anda yang membutuhkan bibit porang percayakan saja pada Kami.

Apa Itu Porang?

Sebagian orang mungkin tak terlalu mengenal porang. Meski dulu tanaman ini dengan mudah bisa ditemui di pekarangan, kini di Indonesia porang sendiri merupakan tanaman yang sudah jarang bisa ditemui. Porang bisa hidup dengan baik dibawah naungan pohon. Porang memerlukan intensitas cahaya matahari hanya 40%. Namun semakin berkembangnya jaman, tanaman porang kini semakin banyak yang membudidayakan.

Porang merupakan tanaman asli dari daerah tropis yang termasuk dalam suku/famili Iles-iles yang memberikan hasil utama berupa umbi. Tanaman ini bisa dijadikan sebagai bahan makanan, perindustrian, dan obat-obatan. Sebagaimana talas, umbi Porang mengandung kristal kalsium oksalat yang menimbulkan rasa gatal. Namun, unsur oksalat itu bisa dihilangkan melalui proses pabrikasi.

Di dalam bahasa latin, porang disebut dengan Amorphophallus onchophyllus. Tanaman ini memiliki penyebutan yang berbeda-beda di tiap daerah, misalnya di daerah Jawa menyebutnya dengan Porang; di Jawa Barat banyak dikenal dengan istilah Acung, Cocoan, Oray, atau Iles; di Bali dikenal dengan istilah Kruwu, lorkong, Labig, atau Subeg; di deaerah Madura mengenalnya dengan Subeg leres.

Tumbuhan sejenis porang ini ada tiga, yakni suweg, walur dan iles-iles. Ya, porang adalah tumbuhan mirip dengan suweg/walur/Iles iles. Namun, porang memiliki ciri ciri sendiri jadi porang bukan suweg/iles iles ataupun walur. Ciri ciri tersebut memang belum banyak yang mengetahui karena serupa kalau hanya sekilas.

Perbedaanya dengan tiga jenis tanaman lain itu, porang adalah tumbuhan berumbi yang mempunyai buah atau katak (jawa) atau pentol/bubil disetiap cabang tangkainya. Porang memiliki batang yang halus dan tidak bergerigi, daun berbentuk bintang tetapi agak lebar sedikit tebal kaku. Daging pada umbi porang warnanya kuning.

Penanaman Tanaman Porang

Jika Anda akan menanam bibit tanaman porang, berikut adalah hal yang perlu dilakukan agar pertumbuhan bisa dilakukan dengan baik :

Bibit yang telah dipilih dimasukkan satu per satu ke dalam lubang tanam dengan letak bakal tunas menghadap ke atas. Setiap lubang tanam diisi dengan satu (1) bibit porang dengan jarak tanam 4cm x 1m. Kemudia tutup lubang tanam dengan tanah setebal 3 cm.

Begitulah cara yang bisa dilakukan untuk menanam bibit porang. Jika Anda menemui kesulitan untuk penanaman bibit porang Anda bisa konsultasikan pada Kami. Kami siap membantu Anda untuk memberikan solusi penanaman porang yang Anda butuhkan. Jadi, jangan tunda lagi untuk membudidayakan tanaman porang.

Bagikan informasi tentang Jual Bibit Tanaman Porang Biji Katak Asli kepada teman atau kerabat Anda.